02/02/08

MENGHIDUPKAN JANTUNG YANG TELAH MATI

Dapat kita banyangkan betapa luar biasadan menakjubkan apabila jantung yang telah mati bias hidup kembali, Subhanallah! Allahu Akbar!, dan ini memang benar-benar terjadi. Hal ini terjadi di Chicago, AS. Jantung yang telah mati tersebut bias hidup dan berdenyut kembali.

Percobaan ini dilakukan pada jantung tikus yang telah mati. Semua sel jantung tikus tersebut diambil dan hanya tinggal menyisakan struktur lunak jaringan kolegennya saja melalui teknik yang disebut deselulerisasi. Selain mengambil sel-sel jantung mati juga diambil sel-sel jantung tikus yang baru lahir.

Jantung mati tersebut kemudian dibersihkan, setelah dibersihkan lalu disuntikkanlah sel-sel yang berasal dari jantung tikus yang baru lahir. Sel-sel jantung yang baru tersebut dibiarkan tumbuh dan mengikatjaringan kolagen di atas cairan bernutrisi di dalam ruangan khusus di laboratorium.

Jantung itu terlihat berdenyut kembali, setelah empat hari. Subhanallah!, sungguh menakjubkan!.

Alat pacu jantung (pacemaker) digunakan oleh para peneliti untuk mengukut arah gerakan kontaksinya. Selain itu mereka juga mengalirkan air yang bertekanan kedalamnya guna merangsang jantung agar memompa. Setelah dilihat delapan hari kemudian, jantung itu dapat memompa carian yang diberikan dengan sempurna layaknya memompa darah darah tubuh.
(Sumber : Kompas)

Tidak ada komentar: