28/01/08

First Post

Ada pribahasa yang berbunyi:

Ilmu lebih berharga daripada harta benda

Maksud dari pribahasa di atas adalah ilmu pengetahuan tidak akan pernah habis bila kita terus menggunakannya sedangkan harta benda suatu saat akan pasti habis. Tidak akan terhitung oleh kita berapa banyak ilmu pengetahuan yang diciptakan / diturunkan oleh Sang Maha Pencipta Allah SWT, semenjak alam semesta diciptakan sampai dengan sekarang.

Semenjak ilmu pengetahuan itu diturunkan kepada seluruh umat manusia, kita diwajibkan untuk mempelajari ilmu pengetahuan dengan maksud mentafakuri / memikirkan betapa besar ilmu Allah SWT yang telah diturunkan kepada umat manusia dan juga mengetahui betapa besar kekuasaan Allah SWT sehingga menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada-Nya.
Banyak sekali ilmu pengetahuan yang dapat kita pelajari dari pengetahuan agama, ilmu pengetahuan alam, sosial, bahasa, seni, budaya dan sebagainya.Alangkah beruntung dan bahagianya apabila apabila kita masih bisa dan berkemauan untuk terus belajar, menggali ilmu pengetahuan dimanapun kita berada, dari kita mulai bangun tidur sampai kita akan tidur lagi. Sedikit apapun ilmu pengetahuan yang kita dapatkan itu akan sangat berharga dari pada tidak sama sekali.

Ada yang mengatakan bahwa orang disebut pintar apabila ia masih tetap menuntut ilmu, menggali ilmu pengetahuan sekecil apapun itu, belajar dan terus belajar. Dia baru akan berhenti belajar apabila nafasnya berhenti, Subhanallah!. Orang pun dapat dikatakan bodoh apabila ia sudah tidak mau lagi belajar, menuntut ilmu dan menggali ilmu pengetahuan.

Hal terpenting setelah kita menuntut ilmu adalah mengamalkannya, menjadikan ilmunya bermanfaat bagi orang lain dan lingkungannya. Oleh karena itu marilah kita berbagi ilmu pengetahuan karena ilmu tanpa amal itu tiada berguna.

Silahkan berikan saran, komentar dan kritik di sini.

Tidak ada komentar: